Serba-Serbi > Siaran Pers

Berkembangnya pembangunan rusun-rusun di Jakarta sebagai tempat tinggal bagi warga yang terkena dampak relokasi menjadi perhatian bagi PAM JAYA khususnya masalah pemenuhan air bersih bagi warga rusun tersebut. Hari ini Ketua Badan Pengawas PAM JAYA (Haryo Tienmar) didampingi oleh Direktur Utama (Erlan Hidayat), Sekretaris Badan Pengawas (Sugeng Supriyanto) dan Anggota Badan Pengawas (Sri Widayanto Kaderi) memantau langsung kondisi air bersih bagi masyarakat yang tinggal di rusun.

 

Kunjungan pertama dilakukan di Rusun Muara Baru, Waduk Pluit yang dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2013 dengan kapasitas 1.200 Kepala Keluarga. PAM JAYA memasok air ke Rusun tersebut dengan memanfaatkan air Waduk Pluit sebagai air bakunya. Dengan kondisi air baku yang tidak layak diolah, PAM JAYA terus berupaya agar kuantitas dan kualitas air bagi rusun dapat tercukupi. Pasalnya air yang diproduksi masih belum mencukupi kuantitasnya. Namun sejak tanggal 7 April 2016, PAM JAYA menambah aerator untuk meningkatkan kapasitas produksi. Direktur Utama PAM JAYA, Erlan Hidayat  menyampaikan bahwa “Saat ini kapasitas air sudah mencapai 460m3/hari. 400m3 berasal dari Water Treatment Plant yang dioperasikan PAM JAYA dengan memanfaatkan Waduk Pluit sebagai air bakunya dimana sebelumnya hanya berkapasitas 240m3/hari, dan sisanya 60m3 berasal dari bantuan air tangki yang dikirim oleh PAM JAYA dan PALYJA setiap hari”.

 

Selanjutnya rombongan memantau Rusun Pesakih, Daan Mogot yang memiliki 3 blok dengan kapasitas 640 Kepala Keluarga. Saat ini Rusun Daan Mogot memiliki 4 sumur bor yang menjadi air baku dengan 3 instalasi pengolahan. Total kapasitas produksi dari semua instalasinya sebanyak 4.50 lps. PAM JAYA melakukan pengembangan suplai air dengan memasang Tubular Membrane Filter pada salah satu instalasinya sehingga total kapasitas menjadi 7 lps. Secara kuantitas, air di rusun Pesakih Daan Mogot masih relatif cukup, namun kualitas air baku yang masih buruk menjadi perhatian PAM JAYA. Hal ini juga diungkapkan oleh Ketua Badan Pengawas PAM JAYA, Haryo Tienmar “air di Rusun Pesakih ini mencukupi untuk kebutuhan warga di sini, namun masih ada yang mengeluhkan kualitas nya, masih sedikit lengket. Ini memang karena air baku yang ada kualitasnya buruk, kami sedang mengupayakan mencari tambahan air baku bersama dengan Dinas Perumahan untuk mencari sumur baru dengan kualitas yang lebih baik” ungkapnya.



Tweet




Copyright © 2015, PAM JAYA